Wednesday, 18 March 2015

Pusrapi Info: Bekam Kaedah Pengubatan Tertua Dunia

بِسۡـــــــــمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡـمَـٰنِ ٱلرَّحِـــــــيمِ
اللهم صل على محمد وآل محمد
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ya Allah….
Sihatkan Tubuh Badanku,
Tambahkan Ilmu Pengetahuanku,
Berkatkan Rezekiku.
Tingkatkan amal Ibadatku untuk taat perintahmu.

Bekam Kaedah Pengubatan Tertua Dunia




Bekam Sebagai Pengubatan Tertua

Sesungguhnya bekam sudah dikenal bangsa-bangsa purba sejak kerajaan Sumeria berdiri, sekitar 4000 tahun SM, lalu bekam berkembang di Babilonia, Mesir, Saba’ dan Persia. Sumeria adalah daerah yang masuk wilayah Irak, yaitu negeri yang yang dialiri sungai Eufrat dan sungai Trigis. 

Pada saat itu, para tabib menggunakan bekam untuk pengubatan para raja. Tabib-tabib termasyhur hanya menurunkan ilmu pengubatannya kepada murid-murid terpilih. Sedangkan di China bekam berkembang sekitar 2500 tahun SM, sebelum berkuasanya Kaisar Yao. Dan di China inilah bekam berkembang dengan berdasarkan titik-titik akupunktur.

Di Mesir, bekam sudah ada sejak zaman kekuasaan Fir’aun Ramses II, kira-kira 1200 tahun SM, secara tidak sengaja pada masa itu banyak orang-orang yang dilempari batu, lalu terjadi lebam. Setelah dikeluarkan darahnya, ternyata banyak yang sembuh penyakitnya. Pengubatan bekam juga sudah umum dipakai para tabib di sana bersama-sama dengan jenis pengubatan lainnya. 

Dalam melakukan bekam, para tabib memakai pedoman titik-titik tertentu di tubuh pesakit. Dalam menentukan titik-titik itu, mereka menggunakan pedoman dalam lembaran Papyrus. Di dalamnya telah digambarkan titik-titik ath-tho’ atau at-ta’ ataupun tun, namun belum lengkap. Tidak ada perbezaan antara titik-titik besar dan titik-titik kecil. 

Gambar-gambar tersebut dipergunakan oleh tabib untuk pedoman pengubatan. Titik-titik ini kemudian berkembang hingga ke Yunani, Saba’, Romawi, Figria, Bulgaria dan Isbanji.
Pada zaman Nabi Yusuf, di Mesir terdapat kaum Israel. Diantara mereka ada yang terkenal sebagai ahli pengubatan dengan bekam ini. Namun, hanya orang-orang tertentu yang berubat dengan menggunakan metode ini.

Di Persia –yakni bangsa persi merupakan bangsa yang serumpun dengan bangsa Aria, India, Yunani, Romawi, Isbanji, Jerman, maupun rumpun Aria Eropa lainnya yang hidup sekitar 3000 tahun SM- bekam berkembang bersama pengubatan fashid, yaitu pengubatan untuk mengeluarkan darah dari tubuh. Bekam juga sudah ada di daerah Suriah dan Iskandariyah bersama pengubatan fashid, kay, pembedahan, ramuan herba, tumbuh-tumbuhan laut, akar-akaran, biji-bijian, bunga dan getah-getahan.

Di zaman Nabi Muhammad saw, bekam sudah banyak dikerjakan para sahabat bahkan menjadi sunnah dan kebiasaan mereka. Beliau selain memerintahkan umatnya untuk berubat dengan bekam, juga memberikan petunjuk tentang tempat-tempat yang sangat baik untuk dibekam. Walaupun Nabi sendiri bukan tabib, namun semua perbuatannya berdasarkan petunjuk Allah. Beliau biasa memberikan arahan kepada umatnya untuk melakukan bekam pada titik-titik tertentu.

Dan di masa perkembangan Islam sekitar tahun 300 H, di Baghdad, bekam merupakan pengubatan paling maju saat itu.



حَسْبُنَا ٱللَّـهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ
“HasbunalLâh Wani’mal-Wakîl”,
Cukuplah Allah untuk kami dan dia sebaik-baik pengurus. (QS. 3:173)

نِعْمَ ٱلْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ ٱلنَّصِيرُ
Ni'mal-Mawla Wani'man-Nashîr
Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. (QS. 8:40)

Kepada yang ingin mencuba keberkesanan Produk Pusrapi @ mendapatkan rawatan bolehlah hubungi kami untuk tempahan@temujanji: 

Ustazah Siti 019-449 9929 
Ustazah Husna 019-496 6316
Ustazah Wahida 012- 552 0195
Ustaz Syamizam 019-5896783 
Ustazah Min (017-426 6908)
Ustazah Rahmah 012-449 5689
Siti Sarah  013-451 3459
Pn. Nor Aniza (012-319 2542)

Indah Islam Memberi Rahmat,

Al-quran Sunnah Pegangan Umat,
Bila sakit rindu sihat,
Sunnah Nabi Terbukti Hebat,
"Hidup Lebih Sihat...Bila Sunnah Terpahat" ✿‿✿


Pusrapi
Sembuh.Tanpa.Ubat

(◕‿◕)
والله أعلم بالصواب
Wallahu A’lam Bish Shawab
(Hanya Allah Maha Mengetahui apa yang benar)

1 comment: